Blue Economy, Urban Farming, dan Green Behavior

Posted By : humas

Pada Jum’at tanggal, 24 Mei 2019, Fakultas Psikologi Universitas Pancasila telah melaksanakan Buka Bersama bertajuk “Blue Economy, Urban Farming, dan Green Behavior”. Sebuah tema yang menarik terkait cara pandang kita terhadap lingkungan dan bagaimana proses dialog kita dengan alam selama ini. Program ini merupakan bentuk kerjasama dengan Geotimes berupa diskusi interaktif yang dipandu  oleh moderator Dr. Silverius Y Soeharso, S.E, S.Psi, M.M  dan tiga pembicara.

Ketiga pembicara tersebut adalah: 1. Jalal, pengurus harian Reader on Political Economy and Corporate Governance di Thamrin School of Climate Change and Sustainability. Jalal seorang aktivis yang menaruh minat pada pentingnya perusahan memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan (Corporate Social Responsibilty), 2. Farid Gaban, Pemimpin Redaksi Geotimes dan founder Geoinstitute. Bersama Ahmad Yunus pernah berkeliling Indonesia selama satu tahun dengan sepeda motor dengan tajuk Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa. Sekarang mengembangkan Blue Economy di Wonosobo, 3. Siti Soraya Cassandra, founder Kebun Kumara. Pernah bertugas selama satu tahun sebagai Pengajar progam Indonesia Mengajar di Kepulauan Tanimbar, Maluku.


Antusiasme peserta dalam acara ini luar biasa, ditengah-tengah suasana menjelang liburan lebaran, setidaknya  70 peserta mahasiswa dan dosen yang memadati ruangan Aula Fakultas Psi UP bersemangat mengajukan pertanyaan dan mengikuti acara hingga usai. Program Buka Bersama dengan Geotimes ini juga menghasilkan MOU kerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila yang ditandatangi langsung oleh Dekan F.Psi UP Dr Ade Iva Murty M.Si, dan Farid Gaban dari pihak Geotimes sehingga diharapkan kedepannya akan ada program-program berkelanjutan yang mendukung kedua belah pihak, baik untuk kepentingan secara akademis maupun praktis. Acara kemudian ditutup dengan kultum oleh M. Akhyar., M.Si, dosen sekaligus Kabag Kemahasiswaan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila.