Pelatihan Organisasi Psikologi (POPSI) 2016

Posted By : Admin Psikologi

Setiap tahun Pelatihan Organisasi Psikologi (POPSI) diadakan di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila, untuk mahasiswa baru. POPSI merupakan kegiatan pelatihan organisasi bagi mahasiswa Psikologi Universitas Pancasila, berlandaskan budaya organisasi fakultas, yaitu TERPEDO (Team work orientation, Enthusiasm, Responsibility, Profesionalism, End result orientation, Doing the right things, Organization learning).

Peserta POPSI tahun ini sejumlah 135 mahasiswa, yang terdiri atas 100 mahasiswa baru (angkatan 2016),33 mahasiswa angkatan 2015, dan 2 mahasiswa angkatan 2014. Mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti POPSI, sehingga mahasiswa-mahasiswa yang belum mengikuti POPSI sebelumnya, harus mengikuti POPSI tahun ini. Untuk semakin meningkatkan kualitas pelaksanaan POPSI, maka POPSI tahun ini dilaksanakan 2x, yaitu POPSI Internal dan POPSI Eksternal. POPSI Internal dilaksanakan pada tanggal 26 November 2016, di aula Fakultas Psikologi 2016, dari jam 08.00 sampai jam 17.00. Sedangkan POPSI Eksternal dilaksanakan di luar fakultas, yaitu di Bumi Perkemahan Sukamantri, Kaki Gunung Halimun, Kabupaten Bogor, pada tanggal 4-5 Desember 2016.

_dsc0126 _dsc0161

POPSI Internal dilakukan dengan pemberian materi berupa seminar dan diskusi kelompok mengenai materi-materi TERPEDO dari dosen dan alumni yang aktif berorganisasi. Dosen pemberi materi pada POPSI Internal adalah Dr. Charyna Ayu selaku wakil dekan 1 dan Endro Puspo Wiroko, M.Psi selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan. Alumni yang hadir untuk memberikan materi adalah Agung K Rahayu, S.Psi sebagai mantan ketua Senat Mahasiswa Psikologi dan Udin Sulistyo, S.Psi selaku mantan anggota Resimen Mahasiswa Universitas Pancasila.

_dsc0240 _dsc0238

Setelah mendapatkan materi-materi TERPEDO pada POPSI Internal, mahasiswa peserta POPSI mendapatkan pengalaman langsung mengenai TERPEDO melalui kegiatan perkemahan, pentas seni sederhana, jelajah malam, dan out bond. Kegiatan POPSI Eksternal ini diawasi dengan ketat oleh para dosen bidang kemahasiswaan (Endro Puspo Wiroko, M.Psi dan Aisyah, M.Si) dan dekan (Dr. Ade Iva Murti), agar tidak terjadi perpeloncoan serta tetap menjaga keamanan dan kesehatan mahasiswa, baik peserta maupun panitia. Secara keseluruhan, POPSI baik Internal dan Eksternal berlangsung lancar, sukses, dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para mahasiswa. Ikatan kekeluargaan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila pun semakin dirasakan, terutama oleh mahasiswa baru.