Pemeriksaan Psikologi Atlet Disabilitas Intelektual bersama SOIna

Posted By : humas psikologi

Special Olympics Indonesia (SOIna) yang bekerjasama dengan Universitas Pancasila memiliki kegiatan rutin setiap tahunnya. Kegiatan tersebut berupa pemeriksaan kesehatan yang meliputi: Kesehatan Gigi (Special Smiles/SS), Kesehatan Telinga (Healthy Hearing/HH), Kesehatan Mata (Opening Eyes/OE), Kesehatan Umum (Medical Festival/MedFest), Fisioterapi (Fun Fitness/FF), Kesehatan Kaki (Fit Feet/FFt), Penyuluhan Kesehatan (Health Promotion/HP), dan Pelatihan Kekuatan Pikiran (Strong Minds/SM).

Kegiatan yang telah diselenggarakan pada Sabtu, 28 April 2018 lalu dan bertempat di SLB B/C As-Syafi’iyah, Jatiwaringin, Pondok Gede ini melibatkan kurang lebih 150 atlet SOIna/Penyandang Disabilitas Intelektual dan sekitar 23 orang relawan dari mahasiswa-mahasiswi serta alumni dari Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Para relawan ini bertugas melakukan screening terhadap para atlet. Pemeriksaan kesehatan sendiri dilakukan oleh relawan dokter, tenaga medis, fisioterapis, dan para psikolog.

Kegiatan dimulai pukul 07:30 dan berakhir pada pukul 12:00. Para peserta tampak antusias dalam mengikuti setiap kegiatan yang ada. Apalagi, setelah selesai melakukan kegiatan, para peserta mendapatkan bingkisan yang telah disediakan khusus oleh panitia. Peserta juga boleh membawa pulang beberapa alat peraga yang digunakan seperti bola berwarna-warni dan baling-baling. Kegiatan kemudian ditutup dengan foto bersama antara panitia dengan para relawan dan penyerahan sertifikat secara simbolis dari pihak penyelenggara kepada perwakilan dari Fakultas Psikologi Universitas Pancasila.