Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2016 #1

Posted By : Admin Psikologi

Tahun ajaran baru semester ganjil 2016/2017 telah tiba, Fakultas Psikologi Universitas Pancasila menyambut 108 mahasiswa baru angkatan 2016. Sejak tahun 2006 Universitas Pancasila (UP) sudah menghilangkan OSPEK yang identik dengan perpeloncoan. Sebagai gantinya UP mengadakan “Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru” (PKKMB) selama 4 hari, yang tujuannya adalah untuk membantu mahasiswa beradaptasi dengang lingkungan kampus. Selama 2 hari pertama tanggal 29-30 Agustus 2016 mahasiswa baru berkegiatan di Universitas tepatnya di Gedung Serba Guna. Acara terdiri dari Pembukaan Acara, Perkenalan para pimpinan serta penampilan dari salah satu penyanyi inspiratif yaitu Tompi, yang memberi motivasi kepada mahasiswa baru untuk tidak saja belajar tetapi juga berorganisasi dan mengelola waktu lebih efektif sehingga dapat memiliki banyak karya. Setelah itu diberikan juga materi-materi yang terkait dengan wawasan kebangsaan, kewirausahaan, serta penyuluhan mengenai narkoba dari BNN.

Pada hari rabu 31 Agustus 2016, kegiatan PKKMB berlanjut di tingkat fakultas. Di Fakultas Psikologi sendiri, mahasiswa baru memulai proses pengenalan kehidupan kampus dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, berlanjut pada olahraga pagi, kemudian di aula ada perkenalan dengan para pimpinan, dosen dan karyawan.

pkkmb1-1

Acara dilanjutkan di Aula Fakultas Psikologi dengan pemberian materi atau sosialisasi mengenai akademik, keuangan, tata tertib, karakter dan integritas, serta learning skill untuk modal mereka sebagai mahasiswa psikologi Universitas Pancasila. Dalam proses belajarnya, Fakultas Psikologi UP tidak hanya terfokus dalam meningkatkan kemampuan hardskill saja tetapi juga softskill.

pkkmb1-3

Setelah istirahat siang dan beribadah, acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan visi dan misi, orientasi tempat yang kegiatannya adalah maba diminta untuk datang ke setiap pos-pos yang disediakan, dimana pada masing-masing pos diadakan permainan yang mendorong kelompok untuk bekerja secara tim dan menyelesaikan masalah. Selain itu terdapat pula pengenalan UKM dan Ormawa.

pkkmb1-2

Acara PKKMB fakultas hari pertama ditutup dengan pengumuman mengenai kegiatan esok harinya dan mahasiswa baru pun pulang pada pukul 4 sore.