Seminar Nasional Riset Multidisiplin 2018

Posted By : humas psikologi

Salah satu tugas yang menjadi tanggung jawab dosen dan mahasiswa adalah publikasi ilmiah. Untuk dapat melaksanakan tanggung jawab tersebut, dosen dan mahasiswa tentunya harus mengikuti pertemuan ilmiah yang merupakan wadah bagi publikasi ilmiah. Di dalam sebuah pertemuan ilmiah, dosen dan mahasiswa memiliki kesempatan besar untuk berkomunikasi dengan peneliti, praktisi, hingga masyarakat umum untuk bersama-sama berbagi ilmu pengetahuan dan informasi lainnya. Pertemuan ilmiah bukan saja untuk mempublikasikan karya ilmiah, tetapi juga menjadi sarana untuk menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang terlibat di dalam pertemuan ilmiah tersebut. Lewat hal tersebut, terwujudlah sebuah kolaborasi yang biasa disebut dengan riset multidisiplin.

Pada tanggal 23-24 Maret 2018 lalu, Universitas Tarumanegara mengadakan Seminar Nasional Riset Multidisiplin 2018 atau SNRM II. Seminar dengan tema “Meningkatkan Kinerja Publikasi Ilmiah melalui Kolaborasi Penelitian Multididiplin” menjadi ajang pertemuan 3 bidang keilmuan. 3 Bidang tersebut adalah Ekonomi dan Bisnis, Sains, Teknologi, Masyarakat, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Sosial, Humaniora, dan Seni.

 

Fakultas Psikologi Universitas Pancasila juga mengirimkan perwakilan mahasiswanya di SNRM II. Mereka adalah Luthfiyatul Badriyah dan Kamilia N. Umamah, mahasiswa angkatan 2016. Mereka hadir untuk mempresentasikan hasil penelitian yang dilakukan bersama dua orang staf pengajar yaitu Andi Tenri Faradiba dan Puti Febrayosi yang didanai oleh Fakultas Psikologi Universitas Pancasila sebagai hibah penelitian dosen dan mahasiswa. Lutfiyatul Badriyah membawakan hasil penelitian dengan judul Hubungan Faktor Kepribadian Extraversion dan Prestasi Akademik sedangkan Kamilia N Umamah membawakan hasil penelitian dengan judul Hubungan antara Kegiatan Ekstrakurikuler dan Prestasi Akademik.