Festival Anak Jujur bersama KPK

Posted By : Admin Psikologi

Puluhan mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Pancasila berkesempatan untuk ikut berpartisipasi sebagai relawan dalam acara Festival Anak Jujur yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Acara diselenggarakan di Ecovention Ancol pada tanggal 31 Agustus – 1 September 2016 dan diikuti oleh sekitar tiga ribu anak dari TK dan SD se-jabodetabek. Sesuai dengan visi KPK “Bersama Elemen Bangsa, Mewujudkan Indonesia Yang Bersih Dari Korupsi”, acara ini diselenggarakan sebagai bentuk pencegahan perilaku korupsi melalui penanaman nilai-nilai antikorupsi pada anak. Nilai antikorupsi yang ingin ditanamkan diantaranya adalah nilai kejujuran dan kedisiplinan.

1
 

2

Dalam festival ini, kegiatan bermain dijadikan sebagai media penanaman nilai antikorupsi. Penanaman nilai-nilai tersebut dilakukan dengan cara mendorong anak untuk selalu bermain jujur dan mengantri. Peserta dapat mengunjungi beberapa zona, seperti Zona Literasi dengan kegiatan mendengarkan dongeng, berkreasi, dan membaca; Zona Film dengan kegiatan menonton film tentang kejujuran; dan Zona Permainan. Dengan adanya zona-zona kegiatan tersebut, anak-anak dapat memulai perilaku anti korupsi dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan.

3
 

4

Meskipun tahun 2016 menjadi tahun pertama diadakannya Festival Anak Jujur, acara ini berhasil mendapatkan respon positif dari para peserta. Semoga di tahun-tahun selanjutnya, KPK beserta teman-teman komunitas antikorupsi dapat terus melanjutkan upaya pencegahan perilaku korupsi melalui kegiatan semacam ini.

Oleh: Astrid Marjuan, mahasiswi Psikologi 2015