Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Pancasila Mengikuti Konferensi Internasional di Malaysia

Posted By : humas

International Conference on Multidisciplinary Contemprary Research 2018 (ICMCR 2018)

Dosen mengikuti konferensi, termasuk konferensi Internasional itu sudah menjadi kewajibannya, sehingga lumrah jika itu dilakukan. Namun, mahasiswa mengikuti konferensi, terutama konferensi Internasional, di luar negeri pula, ini jarang dilakukan. Fakultas Psikologi Universitas Pancasila baru kali ini melaksanakannya.

Mahasiswa biasanya mengikuti konferensi dengan membawakan tugas akhirnya (skripsi), sehingga pada saat presentasi di konferensi, status mereka bukan lagi sebagai mahasiswa, tapi sebagai lulusan. Lain halnya dengan 3 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Pancasila yang mengikuti International Conference on Multidisciplinary Contemprary Research 2018 (ICMCR 2018) di Genting Highlands, Malaysia, pada tanggal 24-25 Februari 2018. Mereka masih berstatus mahasiswa dan membawakan penelitian dari tugas mata kuliahnya masing-masing. Semua biaya konferensi ditanggung Fakultas Psikologi Universitas Pancasila.

 

Dari kiri ke kanan : Damara Agustin, Adam Arya Haninditya, dan Ilham Anugrah, serta Aisyah Syihab, M.Si selaku dosen pendamping

Tiga orang mahasiswa ini adalah Ilham Anugrah, Damara Agustin, dan Adam Arya Haninditya. Ilham yang merupakan mahasiswa semester 6, membawakan hasil penelitiannya dari mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif dengan judul: “Adolescents, Conflict Management in The Context of Rural Areas: A Qualitative Study in Cianjur, West Java, Indonesia”. Sedangkan Damara (mahasiswa semester 4) mebawakan hasil penelitian dari mata kuliah Metodologi Penelitian I dengan judul “Student Engagement: Comparative Study on Psychology Students”.  Adam yang satu kelas dengan Damara membawakan hasil peneltiannya yang berjudul “Academic Perfomance: Is it Different between Public and Private Schools?”

Setelah latihan presentasi berulang kali (baik di Indonesia maupun di Malaysia), salah satu mahasiswa, yaitu Ilham, berhasil memenangkan sertifikat sebagai presenter terbaik di sesinya. Presentasi yang dibuat Ilham sangat menarik dewan juri, begitu juga cara Ilham melakukan presentasi. Ilham berhasil mengalahkan peneliti lain yang satu sesi dengannya, bahkan di sana terdapat dosen dari berbagai negara.

Ilham Anugrah saat mempresentasikan penelitiannya

Hasil penelitian ketiga mahasiswa ini sekarang sedang diupayakan masuk ke dalam jurnal, diutamakan jurnal Internasional (seperti yang dijanjikan pihak penyelenggara). Konferensi yang diikuti mahasiswa ini menjadi bukti mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Pancasila mampu bersaing secara internasional.