Pentingnya Psikoedukasi Penyalahgunaan NARKOBA Kepada Mahasiswa (Implementasi Kerjasama UP & BNN)

Posted By : Admin Psikologi

Narkoba menjadi salah satu ancaman serius bagi bangsa Indonesia, terutama bagi para generasi muda. Universitas Pancasila sebagai institusi pendidikan tentunya merasa berkewajiban untuk melindungi generasi muda dalam hal ini adalah para mahasiswa dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Universitas Pancasila mulai dari proses penerimaan mahasiswa barunya sudah menghimbau dan mengajak calon mahasiswanya untuk menghindari narkoba, dan sebagai bagian dari pembelajaran mengenai tanggung jawab maka setiap mahasiswa yang masuk ke Universitas Pancasila menandatangani surat pernyataan untuk menjaga diri dari penyalahgunaan narkoba.

tesurin3

Sebagai salah satu bentuk keseriusannya, Universitas Pancasila telah menjalin kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memerangi Narkoba di lingkungan kampus. Selain diadakan seminar umum mengenai bahaya narkoba, BNN juga dilibatkan untuk melakukan penyuluhan disetiap fakultas serta melakukan pemeriksaan tes urin pada seluruh mahasiswa baru angkatan 2016. Bentuk kerjasama ini pada tahun 2016 sudah memasuki tahun keduanya, dan pada hari Senin, 5 September 2016, pukul 09.00-11.30 WIB telah dilakukan secara serentak termasuk di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila.

tesurin1

Kegiatan diawali dengan penyuluhan mengenai dampak negatif pemakaian narkoba kepada 106 mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Pancasila, baru kemudian dilakukan tes urin. Proses pelaksanaan berjalan tertib dan lancar, serta tidak ada temuan akan penggunaan narkoba. Melalui kegiatan ini, diharapkan selain untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa juga untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian mahasiswa terhadap teman maupun lingkungan sekitar.

tesurin2

RM & PL