WORKSHOP PERUBAHAN KURIKULUM FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PANCASILA

Posted By : Admin Psikologi

Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (FPsi UP) berdiri pada tahun 2006. Dalam perjalanan waktu selama 11 tahun ini FPsi UP telah memberlakukan 2 (dua) pedoman akademik berbentuk kurikulum pendidikan tinggi. Buku pedoman akademik terakhir terbit pada tahun 2012, dengan demikian 1 cohort students’ entrance telah mendapatkan kelulusan dan meraih gelar kesarjanaan. Oleh karenanya, tibalah waktunya untuk melakukan perubahan pedoman proses pendidikan tinggi bagi mahasiswa FPsi UP. Direncanakan, mulai angkatan 2017, mahasiswa baru FPsi UP akan menjalani proses pendidikan tinggi dengan berlandaskan pada buku pedoman akademik yang terbaru, yang diberi nama “Buku Kurikulum 2017 Fakultas Psikologi Universitas Pancasila”.

SNPT (Standard Nasional Pendidikan Tinggi) serta KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) merupakan 2 (dua) pedoman utama penyusunan kurikulum di perguruan tinggi di Indonesia. Namun demikian, proses belajar mengajar di perguruan tinggi tidak bisa berjalan dalam ruang kosong atau isolasi. Proses ini semestinya merupakan bentukan yang dipengaruhi oleh perubahan sosial, budaya, politik dan ekonomi yang terjadi dalam sistem makro yang melingkupi dunia pendidikan. Sehingga konstruksi kurikulum menjadi relevan dan menyatu dengan permasalahan dan kebutuhan masyarakat. Menimbang beberapa hal tersebut di atas, manajemen FPsi UP menyelenggarakan sesi “Mendengarkan Pendapat Ahli” dalam salah satu tahapan proses penyusunan kurikulum 2017. Diharapkan dalam sesi ini terdapat masukan-masukan berharga bagi manajemen FPsi UP, untuk menentukan arah proses belajar mengajar yang akan berlangsung.

IMG_3093

Workshop berlangsung pada hari senin 20 februari 2017 dengan dihadiri bapak rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt., kemudian bapak Prof. Dr. Komarudin Hidayat dari UIN Syarif Hidayatullah, lalu bapak Prof. Dr. Hamdi Muluk, Msi. Psikolog. dari Fakultas Psikologi UI, bapak Dr. Silverius Y. Soeharso, MM. Psikolog selaku Direktur Pusat Studi Pancasila UP, LP3UP, Ketua KJM UP, serta Alumni Fpsi UP. Diskusi berjalan lancar dengan berbagai masukan dari para ahli demi menunjang kemajuan serta kelancaran perancangan “Buku Kurikulum 2017 Fakultas Psikologi Universitas Pancasila”.