Salah satu bentuk program pengembangan softskill adalah adanya kegiatan kemahasiswaan yang berada dibawah koordinasi Wakil Dekan I. Melalui lembaga kemahasiswaan kami melatih mahasiswa untuk mengasah kemampuan leadership, problem solving & decision making, komunikasi interpersonal, integritas, manajemen diri dan waktu, serta mental wirausaha. Terbagi atas BPM, SEMA, UKM dan komunitas yang bergerak secara bersama-sama dalam berbagi pengalaman berorganisasi di tingkat mahasiswa. Pada tanggal 10 Agustus 2018, dilantik 2 nama mahasiswa oleh ibu Dekan, Dr. Ade Iva Murty, M.Si, yang terpilih sebagai ketua dari hasil Musyawarah Mahasiswa (MUSMA) dan selanjutnya akan mengabdi selama 1 tahun periode (2018-2019) di kelembagaan Fakultas Psikologi Keluarga Mahasiswa Universitas Pancasila (F.Psi-KMUP) sebagai Ketua Senat Mahasiswa (disingkat Ka.Sema) dan Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (disingkat Ka.BPM).

 

Lembaga kemahasiswaan di Fakultas Psikologi UP terdiri dari:

BPM

Badan Perwakilan Mahasiswa, bertugas untuk menjembatani aspirasi mahasiswa kepada pihak Fakultas serta membimbing dan mengawasi proyek kerja Senat Mahasiswa.

 

 

SEMA

Senat Mahasiswa adalah lembaga mahasiswa yang merencanakan dan melaksanakan kegiatan mahasiswa yang terintegrasi dengan kegiatan Fakultas. Kepengurusan berganti setiap 1 tahun akademik. Adapun kegiatan mahasiswa yang termasuk disini adalah seminar dan pelatihan, mentoring mahasiswa baru, turnamen, pentas seni, bakti sosial, gathering disertai rapat koordinasi.

  • UKM NAUTICA ESCRITA
    • Unit Kegiatan Mahasiswa ini bergerak di bidang jurnalistik dan pers. Diskusi karya sastra, membuat majalah dinding, menulis artikel, sharing pengalaman menulis dan pentas adalah kegiatan rutin yang diusung UKM ini.
  • UKM Futsal
    • Untuk memfasilitasi banyaknya minat mahasiswa terhadap olahraga Futsal, maka didirikanlah Unit Kegiatan Mahasiswa Futsal. Kegiatannya mencakup latihan rutin, membuat turnamen Psychosport dan coaching
  • UKM Kami Untuk Indonesia (KAIN)
    • Dengan berkonsentrasi dalam kegiatan mengajar, saat ini KAIN sudah memiliki banyak siswa asuh SD dan SMP yang datang dari latar belakang kurang mampu dimana mereka membuat pertemuan rutin untuk membantu siswa mengatasi kesulitannya dalam belajar.
  • Komunitas Seni & Tari
    • Mengusung kegiatan seni musik & tari dengan kegiatan rutinnya, kegiatan komunitas ini terus berkembang dengan agenda penambahan bidang seni desain grafis dan lain-lain.
  • Komunitas Olahraga
    • Komunitas ini diadakan untuk memfasilitasi minat mahasiswa terhadap ragam olah raga lainnya. Saat ini yang sudah terdapat komunitasnya adalah komunitas bulu tangkis dan basket.