Sejarah Fakultas Psikologi Universitas Pancasila
Program Studi Psikologi Universitas Pancasila diselenggarakan sejak tahun 2006. Berdirinya fakultas ini diprakarsai oleh Dr. Edie Toet Hendratno, SH.,M.Si sebagai Rektor Universitas Pancasila pada waktu tersebut, Dr. Silverius Y. Soeharso,SE., MM., Psi yang kemudian saat ini menjadi Dekan Fakultas Psikologi UP dan Prof.Dr. Sarlito W. Sarwono selaku guru besar Psikologi. Berdirinya Program Studi Psikologi merupakan respon terhadap kebutuhan masyarakat akan mutu jasa profesi psikologi yang berstandar nasional dan internasional dalam memantapkan perannya di sektor industri, pemerintahan, kemasyarakatan, serta pendidikan di Indonesia

Fakultas psikologi Universitas Pancasila merupakan fakultas psikologi di Indonesia yang mengembangkan kurikulum psikologi bisnis sejak tahun 2012, kurikulum tersebut mengintegrasikan sejumlah bidang keilmuan antara lain psikologi industri dan organisasi, bisnis, ekonomi dan manajemen. Para mahasiswa tidak dididik untuk memahami sifat dasar manusia, tetapi memperoleh pembekalan beragam pengetahuan mengenai proses bisnis sebuah organisasi. Fakultas Psikologi Universitas Pancasila berdiri pada tanggal 7 Juni 2006 dengan Surat Keputusan Izin Operasional no 1884/D/T/2006 tanggal 7 Juni 2006 dan bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Universitas Pancasila.

Saat ini Fakultas Psikologi memiliki satu program studi Sarjana Strata 1 (S1). Status akreditasi Fakultas Psikologi adalah Terakreditasi “A” sesuai dengan SK BAN PT Nomor 4616/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2019 yang berlaku hingga 20 November 2024. Saat ini memiliki dukungan 16 orang dosen tetap bergelar S2 dan S3 serta 15 tenaga kependidikan dengan jumlah mahasiswa Semester Genap 2018/2019 sebanyak 497 mahasiswa.

Dalam mewujudkan institusi pendidikan yang efektif dan dan efisien manajemen dan civita akademi di Fakultas Psikologi UP melaksanakan Good Faculty Governance. Secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu semangat pengelolaan fakultas yang bersih, sehat, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, independen, jujur dan adil dalam upaya menciptakan academic excellence dan kinerja organisasi yang tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan. Pertumbuhan kinerja yang berkesinambungan sangatlah penting dalam meningkatkan mutu akademik dan non akademik yang bermuara pada mutu lulusan fakultas Psikologi. Dalam upaya untuk mencapai hal tersebut maka ditetapkan kebijakan akademik dan Rencana Strategis yang memperhatikan kebutuhan para pemangku kepentingan (stakeholders). Dengan menerapkan sistem link and match maka diharapkan para pengguna lulusan dapat memberikan masukan atau kritik terhadap proses belajar
mengajar di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Dengan demikian maka mutu akademik dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

Visi Fakultas

Menjadi Fakultas Psikologi yang Unggul dan Terkemuka Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila dengan ciri khas pada Psikologi Bisnis.

 

Misi Fakultas

  • Menyelenggarakan proses pendidikan tinggi psikologi yang berorientasi pada Psikologi Bisnis berdasarkan rumusan KKNI, SNPT dan SKKNI.
  • Melakukan penelitian-penelitian psikologi yang memenuhi standar internasional serta berorientasi pada Psikologi Bisnis
  • Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang psikologi yang berorientasi pada Psikologi Bisnis
  • Melakukan kerja sama dengan para pihak terkait pelaksanaan konsep kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
  • Membangun kesisteman dan sistem teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik dan non akademik serta good faculty governance.
  • Menyelenggarakan program-program kerja yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan Tenaga Pengajar dan Tenaga Kependidikan.

 

Tujuan

  • Menghasilkan Sarjana Psikologi yang kompeten sesuai dengan capaian pembelajaran yang ditetapkan oleh AP2TPI, KKNI, SKKNI dan proses pembelajaran berdasarkan Sembilan (9) Standar Pendidikan Tinggi (SNPT) dan etika moral karakter Pancasila.
  • Menghasilkan penelitian-penelitian psikologi yang memenuhi standar nasional dan internasional serta berorientasi pada Psikologi Bisnis yang berwawasan lingkungan, aplikatif dan responsif terhadap kebutuhan industri/bisnis, UKM dan koperasi, masyarakat, bangsa dan negara.
  • Menghasilkan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang psikologi yang berorientasi pada Psikologi Bisnis yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing IKM serta diseminasi nilai-nilai Pancasila secara berkelanjutan.
  • Tata kelola (good governance) dan manajemen F.Psi UP yang profesional, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, adil, terpadu dan terintegrasi antar bidang pengelolaan (akademik, keuangan, aset, SDM, kemahasiswaan, dan alumni, kerja sama, dan ventura) guna menunjang efektivitas dan efisiensi pemanfaatan sumber daya secara berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Membangun kemitraan strategis, sinergis, dan berkelanjutan dengan lembaga-lembaga bisnis, pendidikan dan riset, pelatihan dan pembelajaran, serta komunitas-kominutas masyarakat berdasarkan asas saling menguntungkan, berkeadilan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.