Sejarah Fakultas Psikologi Universitas Pancasila
Program Studi Psikologi Universitas Pancasila diselenggarakan sejak tahun 2006. Berdirinya fakultas ini diprakarsai oleh Dr. Edie Toet Hendratno, SH.,M.Si sebagai Rektor Universitas Pancasila pada waktu tersebut, Dr. Silverius Y. Soeharso,SE., MM., Psi yang kemudian saat ini menjadi Dekan Fakultas Psikologi UP dan Prof.Dr. Sarlito W. Sarwono selaku guru besar Psikologi. Berdirinya Program Studi Psikologi merupakan respon terhadap kebutuhan masyarakat akan mutu jasa profesi psikologi yang berstandar nasional dan internasional dalam memantapkan perannya di sektor industri, pemerintahan, kemasyarakatan, serta pendidikan di Indonesia
Fakultas psikologi Universitas Pancasila merupakan fakultas psikologi di Indonesia yang mengembangkan kurikulum psikologi bisnis sejak tahun 2012, kurikulum tersebut mengintegrasikan sejumlah bidang keilmuan antara lain psikologi industri dan organisasi, bisnis, ekonomi dan manajemen. Para mahasiswa tidak dididik untuk memahami sifat dasar manusia, tetapi memperoleh pembekalan beragam pengetahuan mengenai proses bisnis sebuah organisasi.
Fakultas Psikologi Universitas Pancasila berdiri pada tanggal 7 Juni 2006 dengan Surat Keputusan Izin Operasional no 1884/D/T/2006 tanggal 7 Juni 2006 dan bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Universitas Pancasila. Berdasarkan Keputusam BPT No 462/SK/BAN PT/Akred/S/XII/2014 Desember 2014.Saat ini Program Studi Psikologi Terakreditasi dengan peringkat “B”.
Dalam mewujudkan institusi pendidikan yang efektif dan dan efisien manajemen dan civita akademi di Fakultas Psikologi UP melaksanakan Good faculty governance .Secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu semangat pengelolaan fakultas yang bersih, sehat, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, independen, jujur dan adil dalam upaya menciptakan academic excellence dan kinerja organisasi yang tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan. Pertumbuhan kinerja yang berkesinambungan sangatlah penting dalam meningkatkan mutu akademik dan non akademik yang bermuara pada mutu lulusan fakultas Psikologi. Dalam upaya untuk mencapai hal tersebut maka ditetapkan kebijakan akademik dan Rencana Strategis yang memperhatikan kebutuhan para pemangku kepentingan (stakeholders). Dengan menerapkan sistem link and match maka diharapkan para pengguna lulusan dapat memberikan masukan atau kritik terhadap proses belajar
mengajar di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Dengan demikian maka mutu akademik dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Implementasi good faculty governance ditopang oleh penerapan nilai-nilai

Budaya Organisasi Fakultas Psikologi “TERPEDO
T = Team Work
E = Enthusiasm
R = Responsibility
P = Professionalism
E = End Result
D = Do the Right Things
O = Organizational Learning

Perpus2
Perpus1
Perpus3

 

SK-DEKAN-VISI-MISI-TUJUAN-SASARAN-DAN-5-PILAR-KEILMUAN-1

SK-DEKAN-VISI-MISI-TUJUAN-SASARAN-DAN-5-PILAR-KEILMUAN-2

SK-DEKAN-VISI-MISI-TUJUAN-SASARAN-DAN-5-PILAR-KEILMUAN-3

SK-DEKAN-VISI-MISI-TUJUAN-SASARAN-DAN-5-PILAR-KEILMUAN-4