Company Visit

Posted By : Erwan Gustiawan

Kunjungan Perusahaan ke AEON Mall

Sebagai bagian dari Rencana Pembelajaran Semester pada mata kuliah Psikologi Bisnis 1, maka tim dosen dan segenap Mahasiswa/i Psikologi UP angkatan 2014 melakukan kunjungan ke PT. AEON Indonesia yang berlokasi di kawasan BSD City pada hari Jumat tanggal 15 April 2016. Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari pihak AEON yaitu Bapak Sudarmadi Salim selaku GM Accounting, Finance, HR, & IT System Division; kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Bapak Dr. Silverius Y. Soeharso, SE, MM, Psi. selaku koordinator mata kuliah Psikologi Bisnis.

AEON3
Para Mahasiswa/i disambut dengan hangat oleh tim Human Resources dari PT AEON Indonesia. Ibu Sakina selaku Asisten Manager HR mengarahkan seluruh kegiatan dari pagi hingga sore. Diawali dengan penjelasan company profile PT. AEON Indonesia, selanjutnya para Mahasiswa/i melakukan tanya jawab untuk mengetahui lebih mendalam tentang manajemen SDM di AEON. Sebagai hasil perkuliahan di kelas, sejumlah pertanyaan kritis dan komentar membangun mampu disampaikan oleh para Mahasiswa/i dan Bapak Sudarmadi Salim pun berkenan menjawab dengan baik sehingga para Mahasiswa/i mendapatkan banyak pengetahuan baru. Setelah itu, para Mahasiswa/i diajak untuk berkeliling melakukan Store Visit. Selama visit tersebut, setiap kelompok diminta untuk melakukan observasi terhadap perilaku karyawan dan atmosfir tempat kerja untuk kemudian dibuatkan komentar dan masukan terkait hal-hal tersebut. Keluaran dari kunjungan perusahaan ini adalah makalah kelompok dimana para Mahasiswa/i diwajibkan melakukan analisa dengan membandingkan antara teori dengan praktek di lapangan.

AEON1    AEON2
Psikologi Bisnis diajarkan di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila sebagai value proposition diantara fakultas psikologi lain di Indonesia. Mata kuliah ini sifatnya wajib; terdiri dari Pengantar Psikologi Bisnis, Psikologi Bisnis 1, Psikologi Bisnis 2, dan Psikologi Bisnis 3. Mata kuliah Psikologi Bisnis 1 diampu oleh tim dosen yang terdiri dari Dr. Silverius Y. Soeharso, SE, MM, Psi., Dra. Hj. Umi Mahmudah Hani, Psi., dan Endro Puspo Wiroko, M.Psi, Psi.