Field Study Metode Penelitian Kualitatif 2018

Posted By : humas

Pada mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif semester gasal kali ini, mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Psikolkgi Universitas Pancasila, melaksanakan field study ke Desa Tarogong, Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat.

Sampai di Kampung Ciateul, Desa Tarogong. Para mahasiswa dan mahasiswi mendengarkan arahan dari A. Eka Septilla, M.Psi, Psikolog, selaku dosen mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif dan Ibu Zam Zam, selaku tuan rumah.

Malam pertama sebelum turun ke lapangan, para mahasiswa dan mahasiswi mendapatkan arahan dari Dr. Ade Iva Murty, M.Si, selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila.

Mahasiswa dan mahasiswi yang melakukan field study di Desa Tarogong terbagi ke dalam 15 kelompok yang beranggotakan 5-7 orang. Selama masa field study, mereka menginap di beberapa rumah penduduk sekitar.
Pada hari kedua, tim dosen dari Fakultas Psikologi Universitas melakukan kunjungan ke rumah-rumah penduduk yang menjadi tempat tinggal para mahasiswa sambil berterima kasih dan menyerahkan cendera mata.

Pada hari ketiga, setelah seluruh mahasiswa selesai mewawancarai narasumber dan merampungkan laporan penelitian, sore harinya diadakan diskusi santai dengan para ibu mengenai parenting oleh tim dosen Fakultas Psikologi Universitas Pancasila. Sedangkan para mahasiswa mengajak bermain anak-anak.

Di hari terakhir, beberapa anak-anak melakukan malam keakraban bersama pemilik rumah. Esok harinya, sebelum pulang, para mahasiswa melakukan perpisahan dan mengucapkan rasa terima kasih kepada Ibu Zam Zam, selaku koordinator dan perwakilan tuan rumah dari Desa Tarogong.

Field study metode penelitian kualitatif oleh mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Pancasila telah selesai pada tanggal 19 Desember 2018 lalu. Kegiatan yang dilaksanan selama 4 hari di Desa Tarogong, Garut, Jawa Barat tersebut terbagi ke dalam beberapa aktivitas, di antaranya, seperti yang terlihat di dalam foto-foto berikut ini, sharing dengan perangkat desa, pemberian cendera mata, dan pengambilan data penelitian di Kantor Kepala Desa Tarogong.