Fun Learning

Posted By : Admin Psikologi

FUN LEARNING UKM KAIN PSIKOLOGI UP

DI MUSEUM SATRIA MANDALA

Kegiatan Fun Learning dilaksanakan pada tanggal 30 April 2016 bertempat di Museum Satria Mandala. Secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan dengan lancar, penuh semangat dan antusias tinggi dari anak-anak didik dan anggota UKM KAIN F.Psi KMUP yang berkontribusi dalam acara ini. Persiapan kegiatan dilakukan sejak beberapa minggu sebelum kegiatan terlaksana, mulai dari pembentukan panitia, pengurusan surat-menyurat, booking museum, pembagian kendaraan, dan pembagian tugas saat acara berlangsung. Seluruh peserta berangkat Sabtu, 30 April pukul 08.00 WIB dari lokasi mengajar anak-anak didik UKM KAIN F.Psi KMUP di Gang Langgar, Kebagusan, Pasar Minggu.

kain5

Seluruh peserta sampai di Museum Satria Mandala, Mampang pada pukul 08.40 WIB. Setibanya di museum, panitia melakukan absensi dan pembagian kelompok. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dengan pengenalan bendera dan lambang dari angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan darat milik Indonesia. Keseluruhan kegiatan keliling museum dipimpin oleh seorang guide. Kegiatan selanjutnya yaitu keliling museum. Seluruh peserta disajikan dengan miniatur yang menggambarkan peristiwa bersejarah di masa perjuangan menuju kemerdekaan Republik Indonesia, diantaranya adalah miniatur peristiwa proklamasi kemedekaan, pembentukan tentara keamanan rakyat, pertempuran Surabaya, peperangan antara Indonesia dan Jepang di Semarang, peristiwa Bandung lautan api, peristiwa lubang buaya, dan peristiwa ekspedisi Maluku. Selanjutnya diperlihatkan replika pejuang, polisi, dan tentara Repulik Indonesia, lengkap dengan baju dan senjatanya.

kain6

Kegiatan dilanjutkan dengan melihat foto-foto kegiatan dari Jendral Soedirman beserta baju dan senjata yang pernah digunakan oleh Jendral Soedirman. Selain itu disajikan foto-foto dari 19 Jendral Besar Indonesia, senjata-senjata bersejarah dan alat musik berupa biola dan terompet yang digunakan para tentara di masa lalu. Kegiatan keliling museum diakhiri dengan melihat-lihat alat transportasi bersejarah, diantaranya terdapat ambulance, pesawat-pesawat perang dan helicopter.

Kegiatan keliling musum berakhir pukul 09.45 WIB. Setelah selesai keliling, kegiatan dilanjutkan dengan absensi ulang dan games. Games terdiri dari sesi tanya jawab seputar informasi yang didapat saat keliling museum. Anak-anak didik sangat antusias dalam menjawab pertanyaan karena ingin mendapatkan hadiah yang telah disediakan oleh panitia. Games selanjutnya yaitu ‘UP berkata’ dimana anak-anak harus menunjuk bagian tubuh yang disebutkan oleh panitia secara tepat. Games berakhir pada pukul 10.30 WIB. Kegiatan selanjutnya yaitu makan siang bersama. Kegiatan yang terakhir yaitu sesi foto bersama seluruh kegiatan di museum berakhir pukul 12.00. Semua anak-anak merasa sangat senang dan semakin semangat untuk mengetahui sejarah dan belajar. Mereka sangat menginginkan liburan dan bermain sambil belajar tidak hanya di tempat gang langgar tetapi dapat dilakukang di luar seperti museum seperti ini.