Fakultas Psikologi Universitas Pancasila sudah berdiri lebih dari satu dekade. Meskipun jika dibandingkan fakultas serupa di universitas lain, usia itu terbilang masih sangat muda, tetapi alumni yang telah dihasilkan tidak bisa dibilang sedikit. Melacak kiprah di dunia pasca kampus mereka menjadi urgen bukan hanya untuk melihat bagaimana kondisi perjalanan karir lulusan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila di dunia kerja, tetapi untuk memastikan pula apakah bekal yang disediakan fakultas memang bermanfaat untuk mereka selepas kehidupan kampus.

Di sisi lain, dengan melihat sebaran lapangan pekerjaan yang digeluti para alumni dan meminta pendapat mereka terkait pekerjaan dan hubungannya dengan perkuliahan mereka dahulu, Fakultas bisa merancang jembatan yang lebih baik untuk menghubungkan pelayanan pendidikan yang disediakan dengan kebutuhan dunia pasca kampus. Tentu saja dunia pasca kampus yang dimaksud tidak hanya bekerjaan di perusahaan, karena tentu ada pula alumni yang memutuskan untuk berwirausaha, dan hal ini layak diapresiasi.

Akhirnya, Tracer Study ini di samping menjadi usaha membangun hubungan yang berkelanjutan dengan para alumni, juga merupakan ikhtiar untuk terus memperkuat kualitas layanan pendidikan kepada mahasiswa yang sedang belajar di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila.

Tracer Study Alumni

Berdasarkan data dari tracer study yang dilakukan pada Agustus 2018, ditemukan bahwa 62% dari alumni (n=83) memiliki masa tunggu untuk mulai bekerja di bawah 3 bulan.

Sebagian besar alumni bekerja di bidang Sumber Daya Manusia, pendidikan, konselor, dan sebagian kecil berwirausaha.

Tracer Study User

Berdasarkan Tracer Study yang dilakukan kepada pengguna alumni pada periode Juli-November 2018 dalam dua bentuk: FGD dan survei daring.

Berdasarkan data yang diperoleh ada beberapa aspek dari alumni yang cukup menonjol dan dianggap memuaskan oleh pengguna baik dari FGD dan survei:

  • Kemampuan komunikasi (97%) dan bekerja sama (97%).
  • Integritas dan bisa dipercaya (97%).
  • Inisiatif untuk terus belajar hal-hal baru yang mendukung kinerjanya.