Kuliah Terbuka Psikologi Sosial: Perilaku Manusia dan Krisis Lingkungan

Berbagai masalah lingkungan seperti pemanasan global, pencemaran udara, kelangkaan air, hingga hilangnya keanekaragaman hayati, bermula dari perilaku manusia (Truelove et al., 2019). Keterkaitan krisis lingkungan dan perilaku ini mendorong penelitian di bidang Psikologi Lingkungan yang terkait dengan penjelasan perubahan perilaku untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan sejak awal 1980-an, termasuk bagaimana mendorong manusia untuk mengadopsi perilaku pro-lingkungan (misal: Stern & Gardner, 1981).

Sebagian besar teori yang digunakan untuk menjelaskan perilaku pro-lingkungan adalah teori-teori “besar” di Psikologi Sosial, Theory or Planned Behavior (Ajzen, 2012); The Focus Theory of Normative (Cialdini, 2012); Social Identity Approach (Tajfel & Turner, 2001), hingga Social Cognitive Learning Theory (Bandura, 2016). Salah satu “hero” Psikologi Sosial, Kurt Lewin pernyah menyatakan “There is nothing so practical as a good theory”, sehingga menjadi semacam dosa intelektual jika isu sebesar krisis lingkungan tidak dibawa ke mata kuliah Psikologi Sosial untuk paling tidak memberikan dorongan kepada mahasiswa untuk mengubah pelan-pelan perilaku dan menjadi agen perubahan di masyarakat dalam isu lingkungan.

Oleh karena itu, Tim Pengajar Psikologi Sosial bersepakat mengadakan Kelas Gabungan dengan topik “Krisis Lingkungan dan Perilaku Manusia”. Dalam kelas itu nantinya akan dibahas, (1) Fakta terkini tentang kerusakan lingkungan yang terjadi (2) Perkembangan penelitian psikologi di isu lingkungan (3) Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pro-lingkungan (4) Masa depan Bumi, umat manusia, dan hal-hal yang bisa kita lakukan.

Kelas akan dilakukan pada:
Hari: Sabtu, 23 April;
Jam: 09.30-12.00 WIB
Tautan Zoom: